Saat hendak membuka usaha akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menunjang keberhasilan bisnis tersebut, salah satunya adalah modal. Namun kini ada sejuta peluang yang siap membantu Anda mendapatkan modal yang diinginkan.

Modal sendiri bisa didapatkan dari banyak sumber, sehingga jika Anda masih belum memiliki biaya yang cukup untuk membuka usaha, sebaiknya simak ulasan di bawah ini tentang 5 sumber modal yang bisa digunakan oleh pengusaha muda.


5 Sumber Modal Usaha untuk CEO UMKM

Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis merupakan jalan yang efektif untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah. Bahkan tidak jarang juga jika suatu bisnis telah sukses akan mendatangkan pundi-pundi rupiah yang lebih tinggi dibandingkan gaji karyawan.

Namun sayangnya masih banyak kalangan yang ingin membuka usaha tetapi terhalang oleh modal. Nah berikut ini adalah 5 rekomendasi sumber modal yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan.

1.      Uang Pribadi

Sebelum mencari modal ke tempat lain, pastikan Anda melihat kondisi finansial sendiri terlebih dulu untuk mengetahui apakah ada uang tabungan yang bisa dijadikan sebagai modal atau tidak.

Jika Anda memiliki sejumlah uang tabungan, maka akan lebih baik jika menggunakannya sebagai anggaran membuka usaha daripada harus mencari uang dari sumber lain. Dengan menggunakan tabungan pribadi, Anda bisa lebih leluasa menggunakannya tanpa takut ada biaya ganti rugi.

2.      Angel Investor

Selain menggunakan uang pribadi, ada sumber permodalan lainnya yaitu dari angel investor. Biasanya angel investor adalah perusahaan atau individu tertentu yang menyediakan modal untuk pebisnis yang membutuhkan modal dengan payback period yang sesuai dengan kesepakatan.

Pihak angel investor akan fokus menargetkan startup yang baru memulai bisnis mereka dengan imbalan berupa saham atau ekuitas kepemilikan bisnisnya. Nantinya mereka akan memberikan suntikan modal agar usaha Anda bisa berkembang dengan imbalan saham.

3.      Pinjaman Bank

Sumber modal usaha lainnya adalah berasal dari pinjaman bank atau lembaga keuangan lainnya. Namun pastikan dalam prosesnya Anda mengajukan ke pihak yang sudah terjamin keamanannya agar terhindar dari pinjaman bodong yang merugikan.

Tidak sedikit pula bank yang memberikan layanan pinjaman khusus untuk modal usaha sehingga bunga yang diberikan cukup ringan. Umumnya bank akan meminta jaminan kepada nasabahnya yang ingin mengajukan sejumlah dana untuk membiayai usaha yang akan dirintis.

4.      Pesangon

Tahukah Anda bahwa uang yang diberikan saat terkena PHK juga bisa digunakan untuk modal usaha. Uang pesangon biasa tergantung pada masa kerja Anda di suatu perusahaan.

Sehingga jika Anda memiliki sejumlah dana ini, sebaiknya gunakan untuk merintis usaha baru agar lebih berguna sambil menunggu Anda mendapatkan pekerjaan baru.

5.      Keluarga

Keluarga adalah kerabat dekat yang akan membantu Anda di segala situasi. Anda bisa meminta bantuan kepada mereka untuk memberikan sejumlah dana yang dibutuhkan agar bisa merintis usaha.

Namun jika bisa Anda harus memperlakukan uang pemberian tersebut sebagai pinjaman layaknya pinjam ke lembaga keuangan agar lebih meyakinkan.

Dari kelima sumber modal diatas, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Agar lebih memaksimalkan modal yang diterima, Anda bisa menggunakan Amartha yang akan membantu untuk mendapatkan modal dengan mudah.

Dengan adanya program 100 ribu Ciptakan 1 Juta Peluang di Desa, Anda bisa mendapatkan keuntungan 15% per bulannya bersama Amartha. Jadi yuk ikut menjadi bagian dari 1 juta CEO UMKM lainnya sekarang juga